Wisata Pulau Umang Banten, Liburan Yang Menyenangkan

Pesona wisata Pulau Umang Banten telah dikenal publik, terutama bagi warga Jakarta yang menjadikannya sebagai salah satu destinasi liburan akhir pekan yang berjarak cukup dekat. Banten memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik, di antaranya yang telah terkenal adalah Pantai Anyer dan Pantai Carita. Tetapi, daya tarik yang khas yang dapat ditemui di kawasan wisata Pulau Umang adalah pesona wisata lautnya yang masih begitu alami, belum terganggu oleh tangan-tangan manusia.

Wisata Pulau Umang Banten menyuguhkan kepada Anda sebuah perairan biru yang demikian jernih, pasir putih, dan ombak yang relatif tenang. Tak ayal, Anda akan menjumpai banyak kegiatan menarik di sana. Inilah salah satu permata wisata Banten yang sedang populer saat ini.

Misalnya, berenang, main banana boat, olahraga pantai, bahkan memancing. Inilah daya tarik wisata Pulau Umang Banten yang tergolong unik jika dibandingkan dengan tempat-tempat menarik di Banten lainnya.’

Wisata Pulau Umang Banten, Liburan Yang Menyenangkan

Bagi warga Jakarta, destinasi wisata Pulau Umang Banten adalah salah satu pilihan yang menarik. Sebab, di sana mereka dapat melepas kepenatan dari berbagai rutinitas. Lagipula jaraknya yang tidak jauh dari kota Jakarta. Pesona panorama pantai dan alam yang indah membuat pikiran terasa fresh dan badan menjadi segar.

Tempat wisata Pulau Umang secara administratif berlokasi di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Luas kawasan wisata Pulau Umang ini hanya 5 ha. Berbatasan langsung dengan selat Sunda di bagian selatan Banten, lokasi Pulau Umang ini persis berada di pesisir kawasan konservasi Taman Nasional Ujung Kulon.

Rute Wisata Pulau Umang Banten
Jika Anda dari Jakarta, Anda akan menempuh perjalanan darat sejauh kurang lebih 183 km untuk dapat sampai di Kecamatan Sumur. Dengan mengambil rute perjalanan lewat Pandeglang, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk sampai di sana. Setiba di Kecamatan Sumur, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan speedboat menuju Pulau Umang selama 5-8 menit.

Bagi Anda yang hendak pergi ke Pulau Umang Banten dari Jakarta, ada dua rute perjalanan darat yang dapat dipilih.

Rute pertama, melewati tol Jakarta – Merak, lalu keluar di pintu Serang Timur (km 71), selanjutnya mengikuti jalan Pandeglang sampai Labuan, terus menuju Taragong – Citeurup – Cigeulis – Cibaliung – Cimanggu hingga akhirnya tiba di Sumur.

Rute kedua, melewati tol Jakarta – Merak, lalu keluar di pintu Cilegon Barat, kemudian mengikuti jalan Anyer – Carita hingga akhirnya tiba di Labuan, dan selanjutnya mengikuti jalur yang sama dengan rute pertama di atas hingga tiba di Kecamatan Sumur.

Baca juga: Pesona Indah Wisata Pantai Carita Banten

Saat Anda telah tiba di Sumur, sekitar 1 km dari pinggir pantai Sumur terdapat loket penjualan tiket penyeberangan ke Pulau Umang. Jika Anda membawa kendaraan, tersedia juga area parkir mobil atau motor.

Untuk sampai ke Pulau Umang dari Sumur, Anda harus membayar tiket penyeberangan sebesar Rp 100 ribu per orang dan akan menaiki speedboad. Perjalanan speedboat berkisar 5 – 8 menit.

Pesona Wisata Pantai Umang
Wisata Pulau Umang Banten menyediakan kepada Anda banyak pilihan kegiatan, seperti snorkeling, bermain jet ski, banana boat, berjemur, olahraga pantai, dan lain-lain.

ika Anda ingin snorkeling, tempat terbaik untuk snorkel adalah di Pulau Oar, Anda hanya perlu menyeberang sedikit.  Anda akan mendapati terumbu karang yang masih sangat alami dan indah di sana. Bagi warga Jakarta, ini adalah alternatif tempat snorkel lainnya selain yang ada di wisata pantai Jakarta.

Ada juga taman bermain bertema outbond dan kolam renang khusus anak-anak yang menghadap ke laut lepas. Bermain bola di pinggiran pantai adalah kegiatan yang sangat menyenangkan di sana.

Bagi Anda penikmat kuliner, cobalah hidangan aneka seafood khas Pulau Umang Banten, yakni ikan kakap merah dan kerapu. Selain itu, sejumlah resto di Pulau Umang siap memanjakan Anda dengan sajian makanan lainnya. Saat malam tiba, akan ada pertunjukan musik organ tunggal untuk menghibur Anda.

Akomodasi Wisata Pulau Umang
Di bulan Juni – Juli adalah waktu terbaik mengambil liburan wisata Pulau Umang di Banten ini. Itu adalah periode waktu di mana laut dan langit begitu cerah di sana.

Untuk menginap, terdapat sejumlah cottage, resort, hingga villa yang telah difasilitasi dengan kolam renang, spa, hingga lapangan voli. Jika Anda ingin snorkel, Anda dapat memesan paket tambahan untuk mengunjungi Pulau Oar.

Hanya saja, Anda harus memesan kamar jauh hari sebelumnya karena jumlah yang terbatas. Destinasi wisata Pulau Umang di Banten ini selalu ramai dengan kunjungan wisatawan, terlebih di akhir pekan dan apalagi waktu libur tiba.

Di kawasan wisata Pulau Umang Banten ini juga terdapat toko souvenir khas Pulau Umang, restoran, kafe, tempat persewaan perahu dan jetski.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *